Teknologi Digital dan Manfaatnya

Apakah Anda tahu apa itu teknologi digital? Saat ini, kita hidup di era teknologi digital di mana teknologi membawa kemudahan dalam aktivitas kita. Khususnya di dalam perusahaan, komputer merupakan salah satu teknologi digital yang memudahkan pekerjaan dalam menyusun data hingga mengirimkan pesan ke customer. Lantas, apa itu teknologi digital dan bagaimana teknologi digital dapat memajukan sebuah bisnis?

Apa Itu Teknologi Digital?

teknologi digital dan manfaatnya



Di balik kemegahan dan jargon-jargonnya, teknologi komunikasi digital atau teknologi digital sebenarnya adalah sebuah hal yang simpel. Teknologi ini merupakan teknologi berbasis sinyal elektrik komputer yang sinyalnya bersifat terputus-putus. Yang mana dapat melakukan perhitungan dengan cepat dengan memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik atau bilangan biner (kode digital).

Teknologi digital adalah sebuah teknologi yang menggunakan sistem komputerisasi untuk memastikan sebuah sistem operasi dapat berjalan secara otomatis. Inilah perbedaan utama antara teknologi digital dan analog. Asal mula dibutuhkannya teknologi digital adalah hanya sebatas untuk melakukan perhitungan dan memproses bentuk informasi ke dalam sebuah kode yang disebut enigma.

Hingga saat ini teknologi digital terus berkembang. Teknologi digital tidak lagi hanya digunakan sebagai alat penghitung cepat namun juga sebagai tempat penyimpanan data dan informasi seperti hardisk dan USB serta devicedevice yang kita gunakan hingga saat ini seperti komputer, laptop, smartphone, tablet, dan bahkan fitur smart home.


Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital



Serupa dengan teknologi analog yang digantikan olehnya, teknologi komunikasi digital atau teknologi informasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Sekilas pandang, teknologi digital jauh lebih baik ketimbang teknologi analog. Tetapi, hal itu tidak membuatnya sempurna. Berikut adalah penjelasan kelebihan dan kekurangan teknologi komunikasi digital.

Kelebihan Teknologi Digital

1. Biaya Yang Lebih Rendah

Salah satu kelebihan teknologi komunikasi digital yang mungkin luput dari banyak orang adalah biaya. Orang mungkin berpikir kalau teknologi digital akan lebih memakan biaya ketimbang teknologi analog yang digantik. Hal ini wajar karena sekilas pandang, teknologi digital tampak lebih rumit dan memiliki kompleksitasnya sendiri.

Tetapi, seiring dengan perkembangan teknologi yang membuat proses ekonomi lebih efektif, biaya yang dibuuhkan untuk mengadopsi teknologi informasi pun semakin sedikit. Menyebarnya adopsi teknologi informasi sebagai sistem komunikasi yang utama juga membuat banyak perusahaan berkompetisi untuk menawarkan produk mereka yang kemudian membuat harga yang kompetitif dan murah untuk konsumen.

Kemampuan teknologi komunikasi digital yang semakin canggih juga membuat Anda tidak usah memiliki terlalu banyak peralatan yang kemudian semakin menurunkan biaya adopsi teknologi informasi pada berbagai bidang.


2. Keutuhan Data atau Informasi Yang Disampaikan

Salah satu keunggulan mutlak teknologi informasi dibandingkan teknologi analog ada dalam segi keutuhan data atau informasi yang disampaikan. Sebagai sebuah jaringan, siapapun dapat mengirimkan atau melakukan transmisi data atau informasi secara penuh kepada siapapun.

Salah satu penyebabnya adalah sinyal. Sinyal digital merupakan versi lebih baik dari sinyal analog. Hal ini wajar karena teknologi informasi adalah teknologi yang berbasis sinyal sehingga mau tidak mau Ia harus jauh lebih unggul dari teknologi analog dari segi sinyal.

Tidak hanya dalam pengiriman, teknologi komunikasi digital juga menang dalam segi pemrosesan informasi atau data yang diterima. Di zaman yang sudah maju ini, Anda tidak memerlukan teknologi komunikasi yang canggih untuk dapat memproses semua bentuk data digital.


3. Berdampak Besar Pada Ekonomi

Segala keefektifan baik dalam segi transmisi, hasil pengolahan data digital serta biaya adopsinya yang relatif murah, membuat teknologi komunikasi digital berdampak besar pada kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang ekonomi.

Salah satu kelebihan sistem komunikasi berbasis digital adalah peniadaan jarak. Orang-orang dapat dengan lebih mudah terhubung dengan banyak orang terlepas di mana mereka berada. Hal ini kemudian mendorong kegiatan ekonomi yang sebelumnya mungkin tidak akan pernah terjadi, misalnya orang di Amerika membeli produk yang dijual oleh seorang pengrajin kayu yang tinggal di desa pedalaman Indonesia.

Keefektifan yang dibawa oleh teknologi digital juga membuat proses ekonomi berjalan dengan lebih cepat. Hal ini berdampak pada meningkatnya produktivitas yang berujung pada meningkatnya traksaksi atau kegiatan ekonomi lainnya.

Kekurangan Teknologi Digital

1. Proses Digitalisasi Yang Rumit

Digitalisasi merupakan tujuan utama dari adopsi teknologi komunikasi digital. Proses digitalisasi merupakan proses panjang dan mungkin tidak akan pernah berhenti. Dalam prosesnya, ada kemungkinan beberapa kesalahan yang menyebabkan teknologi tidak menyampaikan atau menampilkan data yang menunjukkan keadaan yang sebenarnya.

Contoh paling simpel adalah pemasukan data. Data-data yang dulunya masih dalam bentuk kertas atau surat harus terlebih dahulu dimasukkan ke dalam komputer atau perangkat untuk proses digitalisasi. Pada prosesnya, bukan tidak mungkin ada beberapa data yang salah dimasukkan atau bahkan tidak dimasukkan sama sekali.

Lalu, dalam hal-hal yang relatif luput dari perhatian adalah warna. Belum semua teknologi komunikasi digital dapat menampilkan warna secara sempurna. Warna yang tidak dapat dibaca oleh komputer secara sempurna akan digantikan oleh warna lain yang mendekati warna tersebut. Hal ini membuat gambar atau grafis yang ditampilkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

2. Sistem Yang Rumit

Kekurangan teknologi digital berikutnya yaitu sistem yang terkadang rumit. Sekilas pandang, teknologi digital jauh lebih kompleks dibandingkan dengan teknologi analog. Hal ini membuat teknologi komunikasi digital jauh lebih rentan pada kesalahan atau serangan.

Hal-hal seperti pencurian data atau akses yang tidak diijinkan merupakan contoh serangan-serangan yang setiap mengintai sebuah sistem informasi berbasis digital.

Anda tentunya dapat melindungi sistem atau diri Anda sendiri. Anda dapat meminimalisir risiko serangan dengan memilih platform atau layanan teknologi komunikasi digital yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang bagus.


3. Penyebaran Yang Belum Rata

Adopsi teknologi digital yang tidak merata dapat berdampak negatif secara umum. Apalagi jika hal ini dibarengi dengan ketidakpahaman orang-orang tentang cara dan etika dalam menggunakan teknologi digital itu sendiri.

Dari segi bisnis, perusahaan tentunya harus mendidik orang-orang yang belum melek teknologi agar dapat dijadikan calon konsumennya.

Bagaimana Transformasi Teknologi Digital dalam Dunia Bisnis



Teknologi digital tidak hanya bertransformasi di dalam kehidupan sehari-hari saja namun juga bisnis. Bentuk promosi semula yang mengharuskan Anda untuk terjun ke lapangan, membagikan flyer atau brosur, hingga mengunjungi calon potensi customer secara door-to-door. Namun kini telah diganti dengan teknologi digital. Anda bisa melakukan segala bentuk promosi hanya dari balik layar komputer Anda dan bahkan smartphone. Semua menjadi serba mudah dan simpel bukan?

Bentuk transformasi inilah yang membawa para pelaku bisnis menuju ke persaingan yang lebih ketat. Untuk mencari pasar yang lebih luas dengan menggunakan teknologi digital. Tak henti-hentinya inovasi dan ide baru terus dikembangkan untuk memenuhi minat customer. Dan semua hal ini dapat terjadi berkat transformasi teknologi digital.


Pada awalnya, teknologi digital masuk ke dalam dunia bisnis sebagai alat untuk menyimpan data-data secara elektronik di dalam komputer. Lalu muncul teknologi internet yang memudahkan semua pengguna dalam mengirim pesan elektronik kepada client. Hingga akhirnya bermunculan teknologi-teknologi baru yang dikhususkan untuk membantu dunia bisnis dalam mengembangkan perusahaan.

Apa Saja Manfaat yang Didapat Dunia Bisnis dari Transformasi Teknologi Digital?

Transformasi digital hadir untuk menyederhanakan serta mengefektifkan kinerja perusahaan Anda. Selain itu, manfaat yang bisa Anda dapat dari teknologi digital adalah sebagai berikut:

  • Seluruh data dan informasi dapat tersimpan dengan rapi dan aman dalam sebuah sistem teknologi digital yang bernama cloud sehingga Anda tidak perlu khawatir akan adanya kebocoran data serta Anda dapat dengan mudah mencari data dan informasi bahkan dari 10 tahun yang lalu sekalipun.
  • Teknologi digital membawa usaha Anda untuk selangkah lebih maju dalam berinteraksi dengan pelanggan dan juga membina komunikasi yang personal dan proaktif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Anda dapat menciptakan ide kreatif untuk mengembangkan perusahaan Anda dengan menggunakan teknologi digital seperti membuat aplikasi atau website yang dapat mendukung proses transaksional bisnis Anda
  • Dan banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari teknologi digital yang tentunya akan memberikan keuntungan untuk bisnis Anda bahkan hingga di masa mendatang.

Komentar

Posting Komentar